THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 07 Maret 2011

hai sobat, ini rancangan sederhana mengenai dasar teori praktikum fisika mengenai ayuna sederhana..
BANDUL SEDERHANA




Teori



Jika suatu massa digantungkan secara vertikal dengan seutas tali sepanjang l, lalu bandul disimpangkan Lebih dari 30°, maka bandul akan berosilasi dengan frekuensi:


Dengan:

f   = frekuensi bandul matematis
T  = periode bandul matematis
g   = tetapan percepatan gravitasi bumi l adalah panjang tali
l   = panjang tali (m)


Bandul adalah benda yang terikat pada sebuah tali dan dapat berayun secara bebas dan periodik yang menjadi dasar kerja dari sebuah jam dinding kuno yang mempunyai ayunan. Dalam bidang fisika, prinsip ini pertama kali ditemukan pada tahun 1602 oleh Galileo Galilei, bahwa perioda (lama gerak osilasi satu ayunan, T) dipengaruhi oleh panjang tali dan percepatan gravitasi.


gerak osilasi (getaran) yang populer adalah gerak osilasi pendulum (bandul). Pendulum sederhana terdiri dari seutas tali ringan dan sebuah bola kecil (bola pendulum) bermassa m yang digantungkan pada ujung tali, gaya gesekan udara kita abaikan dan massa tali sangat kecil sehingga dapat diabaikan relatif terhadap bola. Dengan bandulpun kita dapat mengeahui grafitasi di tempat bandul tersebut diuji.


Bandul sederhana adalah sebuah benda kecil, biasanya benda berupa bola pejal, digantungkan pada seutas tali yang massanya dapat diabaikan dibandingkan dengan massa bola dan panjang bandul sangat besar .dibandingkan dengan jari-jari bola. Ujung lain tali digantungkan pada suatu penggantung yang tetap, jika bandul diberi simpangan kecil. dan kemudian dilepaskan, bandul akan berosilasi (bergetar) di antara dua titik, misalnya titik A dan B, dengan periode T yang tetap. 1 osilasi didefinisikan sebagai gerak bola dari A ke B dan kembali ke A, atau sebaliknya. Ada beberapa parameter pada bandul, yaitu periodenya (T), massa bandul (m), dan simpangan sudut (��) panjangnya tali ().

0 komentar: